WELCOME TO MY BLOG

Senin, Juni 14, 2010

BAHASA DAN PANDANGAN DUNIA


A. BAHASA DAN PANDANGAN DUNIA


a. BAHASA
Bahasa dalam Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi III tahun 2005 adalah sebagai berikut:

  1. Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat
  2. untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.
    Bahasa merupakan percakapan (perkataan) yang baik.



Menurut pendapat Brown dan Yule (1983:1)mereka menyatakan bahwa bahasa bukan hanya sebagai alat komunikasi.Lebih dari itu, kedua pakar linguistik ini menyebutkan dalam penggunaan bahasa (language in use)merupakan bagian dari pesan dalam komunikasi. Pada umumnya diseluruh negara dibelahan bumi ini memiliki bahasa sendiri yang berbeda-beda. Dengan memiliki bahasa yang berbeda-beda dengan negara yang lainnya itu merupakan beranekaragam bahasa yang telah dimiliki oleh manusia. Dengan bahasa yang beranekaragam seperti logat, arti bahasa dan lain-lain, yang digunakan oleh suatu negara membuat bahasa itu begitu indah dan memiliki makna dan maksud tertentu di dalamnya.
Pandangan dunia terhadap bahasa dapat diartikan sebagai suatu ungkapan akan adanya kehidupan oleh suatu masyarakat. Hal ini diartikan berdasarkan ungkapan yang berlaku pada suatu tempat aatau keadaan. Seperti ungkapan yang berlaku pada suatu tempat atau keadaan. Seperti ungkapan yang terdapat pada suatu masyarakat, suku bangasa, negara hingga organisasi internasional.
Jika kita melihat pada persfektif atau dimensi lain, maka pandangan dunia telah memandang pada bahasa. Dunia memandang bahwa bahasa adalah suatu instrumen yang sangat vital dalam segala hal atau segala aspek kegiatan kehidupan. Bahasa juga dapat dijadikan sebagai alat menyampaikan gagasan-gagasan internasional bagi seluruh umat manusia di muka bumi. Melalui bahasa internasional yang tentunya sudah diakui oleh penduduk bumi.
Apalagi di jaman sekarang ini sudah ada translater (penerjemah) dari bahasa internasional ke bahasa nasional. Masing-masing bahasa dengan bahasanya yang sudah disusun secara sempurnadari segi tata bahasanya. Kini, bahasa dijadikan sebagai kekuatan budaya serta tidak lupa juga sosial oleh seluruh orang. Siapa yang bisa berbahasa secara internasional maka dari itu pula seseorang dapat dan mampu "menguasia dunia". Karena itu kini bahasa dijadikan sebagai sesuatu yang sangat penting oeh masyarakat di dunia.
Karena dengan atau tanpa bahasa seseorang individu maupun kelompok masyarakat pada suatu negara tidak dapat melakukan transaksi. Mengapa, karena tidak adanya alat untuk menyampaikan maksud tertentu yaitu bahasa. Bahasa internasional yang dimaksud adalah bahasa inggris, karena bahasa inggris termasuk bahasa yang digunakan oleh hampir semua orang dibelahan dunia. Selain itu juga karena kebanyakan negara-negara menggunakan bahasa inggris. Bahasa merupakan jantung dari kehidupan karena tanpa bahasa seseorang tidak dapat menyampaikan maksud dan tujuannya.
Semakin majunya dunia madern ini, sekarng bahasa internasional bertambah satu yaitu Mandarin. Tetapi mandarin ini belum menyebar luas, hanya ada di negara-negara tertentu. Dunia memandang dan melihat bahwa bahasa mandarin sudah bisa menjadi bahasa internasional.

oleh:
NAMA : FITRI
NIM : 108015000075

Tidak ada komentar:

Posting Komentar