WELCOME TO MY BLOG

Kamis, Juni 17, 2010

ETNOGRAFI KOMUNIKASI DAN BAHASA

A. Etnografi Komunikasi
Sebelim mengetahui dan memahami etnografi komunikasi itu sendiri, maka harus pula memahami akan pengertian etnografi dan komunikasi terlebih dahulu.
• Etnografi diartikan sebagai pelukisan atau krangan secara lengkap tentang suatu suku bangsa. Pelukisan pengarangan etnografi itu melihat pada eksistensi suku bangsa itu sendiri, mulai dari kondisi geografis, lingkungan serta kebudayaan termasuk unsure – unsur kebudayaan suku bangsa .
• Komunikasi diartikan sebagai suatu proses melalui individu dengan hubungannya dalam menghasilkan interaksi baik secara kelompok , organisasi dan dalam masyarakat guna menerima , menyampaikan atau berkoordinasi dengan lingkungan social masyarakatnya.

Selain itu, kata komunikasi berasal dari bahasa Latin yakni ., “comunicatio “ yang berarti sama . jadi jika disimpulkan maka komunikasi memilki pengertian “sebuah proses yang membuat suasana berbeda dalam kebersamaan kepada dua orang atau lebih hingga tercapai suatu kesepakatan “.

Adapun Etnografi komunikasi itu sendiri adalah segala sesuatu yang terkait dalam aktifitas komunikasi yaitu bahasa yang dipakai dalam berkomunikasi , materi yang disampaikan , pelaku, alat, tempat, dan hasil dari komunikasi tersebut.
Ada beberapa prinsip kmunikasi :
• Suatu proses
• Suatu sistem
• Transaksi interaksi
• Sengaja dan tidak disengaja
B. Bahasa
Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memilki arti. Bahasa juga merupakan perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi baik lewat tulisan , lisan maupun gerakan dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicara .
Bahasa memiliki beberapa fungsi yakni :
• Fungsi secara umum : sebagai alat untuk berekspresi , berkomunikasi , alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial.
• Fungsi secara khusus : untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari – hari , mewujudkan seni, mempelajari naskah – naskah kuno dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Referensi :
Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta
Arni Muhammad. 2007. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi aksara
Erliana hasan . 2005. Komunikasi Pemerintahan . Bandung : Aditama
http: // wikipedia.com/ bahasa- kebudayaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar