WELCOME TO MY BLOG

Selasa, Juni 15, 2010

Komunikasi dan Organisasi Sosial

Komunikasi adalah proses individu mengirim stimulus yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain. Pada devinisi ini mereka menganggap komunikasi sebagai suatu proses, bukan sebagai suatu hal.

Devinisi lain pula mengatakan bahwa komunikasi masnusia yang berhubungan dengan organisasi social yang ada di masyarakat adalah suatu proses yang melalui individu dalam hubungannya, dalam kelompok, dalam organisasi dan dalam masyarakat menciptakan, mengirimkan, dan menggunakan informasi untuk mengkoordinasi lingkungannya dan orang lain.

Organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai suatutujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hierarki otoritas dan tanggung jawab.

Dengan beberapa pengertian di atas kita dapat mengetahui bahwa komunikasi organisasi yakni dimana komunikasi itu adalah suatu proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah.

Ikilim komunikasi organisasi merupakan hal yan perlu menjadi perhatian seseorang pemi mpin organisasi karena factor tersebut banyak sedikitnya ikut mempengaruhi kepada tingkah laku individunya. Untuk dapat menciptakan iklim komunikasi organisasi yang baik perlu memahami ked ua hal tersebut serta keadaan individu di sekelilingnya.

Iklim organisasi adalah kualitas yang relative abadi dari lingkungan internal organisasi yang dialami oleh angota-anggotanya, mempengaruhi tingkah laku mereka serta dapat diuraikan dalam istilah nilai-nilai suatu set karakteristik tertentu dalam lingkungan. Payne dan Pugh mendevinisikan iklim organisasi sebagai suatu konsep yang merefleksikan isi dan kekuatan dari nilai-nilai umum, norma, sikap, tingkah laku dan perasan anggota terhadap suatu system social. Kemudian menurut Hillrieger dan Solcum mengemukakan bahwa iklim organisasi adalah suatu set atribut organisasi dan subsistemnya yang dapat dirasakan oleh anggota organisasi, yan mungkin disebabkan oleh cara-cara organisasi atau subsistem, terhadap anggota dan lingkungannya.

Selanjutnya Denis mengemukakan iklim komunikasi sebagai kualitas pengalaman yang bersifat objektif mengenai lingkungan internal organisasi, yang mencakup persepsi anggota organisasi terhadap pesan dan hubungan pesan dengan kejadian yang terjadi didalam organisasi.

Jadi bahasa, komunikasi dan organisasi social sangat erat kaitannya. Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi dan komunikasi dilakukan oleh masyarakat guna menyampaikan dan menerima informasi dalam suatu organisasi social. Komunikasi merupakan suatu cara yan g ditempuh suatu organisasi social unutk mengemukakan program kepada para partisipan organisasi tersebut.

Nama: Abdul Faiz

Nim: 108015000025

Tidak ada komentar:

Posting Komentar