Kata"struktur"sendiri bisa diartikan sebagai kaitan-kaitan yang tetap dan teratur antara kelompok kelompok gejala.sedangkan kata"strukturalisme"sering diartikan sebagai salah satu gerakan pemikiran atau metodologi sains yang memberikan implikasi ideologi. yang dimaksud ideologi disini ialah suatu pandangan dunia yang menilai segala sesuatu atas dasar beberapa prinsip yang diterima begitusaja. pengertian lain menyatakan bahwa strukturalisme adalah suatu cara berfikir yang memandang seluruh realitas(al-maujud) sebagai keseluruhan yang terdiri dari struktur struktur yang saling berkaitan.dikatakan saling berkaita nartinya,struktur itu adalah suatu tatanan wujud
wujudyangmeliputikeutuhan,tranformasi,danpengaturandiri.keutuhanartinyabahwatatananwujuditubukannyahimpunansematamelainkankarenatiapkomponenyangtergabungdidalamnyatundukpadaaturanintrinsikdantidakmemilikiotoritasbebasdiluarstruktur.dikatakantransformasiartinya,bahwastrukturitutidakstatistetapidinamisdanbahan-bahanbaruterus-menerusdiprosesolehdanmelaluistrukturitu.sedangkandikatakanpengaturandiri,sebabstrukturitutidakpernahmemintabantuandariluaruntukmelaksanakanprosedurtransformasionltersebut.maksudnya,strukturtidakterbuka,iabersifattertutupdarisesuatuyangdatangdariluar,iamengaturdirinyasendiri.
Padaawalnyastrukturalismehanyadikenalsebagaimetodelinguistik,yaitupadalinguistiksausurian.dalamperkembanganselanjutnya,strukturalismemerambahkeberbagaidisiplinilmupengetahuan.olehpenganutformalismeRusia,strukturalismediterapkandalambidangilmusastra.olehNoamChomskystrukturalismediterapkandalamlinguistik,ClaudeLeviStraussdalamilmuantropologibudayadanM.Faucaultdalamsejarahkebudayaan.
Padawalnyametodestrukturalismeterkenaldalambidangilmubahasa.FerdinandMorgindeSaussure(1857-1913)adalahpeletakdasarmetodetrukturalisdalambidanglinguistik.iadianggapsebagaibapaklinguistikModernberdasarkanpandangan-pandanganyangdimuatdalambukunyaCoursedeLinguistiqueGeneral.ialahirdiJenewapada26November1857darikeluargapemeluktaatProtestanPrancisyangberimigrasidariwilayahLorraineketikaterjadiperangagamapadaakhirabadke-16.bakatnyadalambahasayangberjudul”EssaisurlesLanguages”.padatahun1874iamempelajaribahasasansekerta.mula-mulaiabelajarilmukimiadanilmufisikadiUniversitasJenewa,kemudianbelajarilmubahasadiLeipzigdengandisertasinyaDeL”employdugenitifabsoluensanscrit.setelahmeraihgelardoktor,FerdinandMorgindeSaussure(dalamusia24tahun)mengajardiEcolePratiquedesHautesEtudesUniversitasParis.kemudianpadatahun1891iakembalikeJenewadandisanaiameneruskanmengajarbahasaSansekertadanhistoriskomparatif.diJenewaitulahiaakhirnyamenjadigurubesardalambidanglinguistik.
Konsepyangdibuatnyaadalahmengenai:1.telaahsinkronikdandiakronik2.perbedaanlanguedanparole3.perbedaansignifintdansignifie4.hubungansintagmatikdanparadigmatik.FerdinanddeSaussuremembedakantelaahbahasasecarasinkronikdantelaahbahasasecaradiakronik.yangdimaksudtelaahbahasasecarasinkronikadalahmempelajarisuatubahasapadasuatukurunwaktutertentusaja.misalnya,mempelajaribahasaIndonesiayangdigunakanpadazamanJepangataupadamasatahunlimapuluhan.sedangkantelaahbahasasecaradiakronikadalahtelaahbahasasepanjangmasa,atausepanjangzamanbahasaitudigunakanolehparapenuturnya.Jadi,kalauuntukmempelajaribahasaindonesiasecaradiakronik,makaharusmulaisejakzamanSriwijayasampaiZmansekarangini.dengandemikianbisadikatakantelaahbahasasecaradiakronikadalahjauhlebihsukardaripadatelaahbahasasecarasinkronik.
LanguedanLaParole.FerdinandeSaussuremembedakanadanyaapayangdisebutlalanguedanlaparole.yangdimksuddenganlalangueadalahkeseluruhansistemtandayangberfungsisebagaialatkomunikasiverbalantarapraanggotasuatumasyarakatbahasa,sifatnyaabstrak.sedangkanyangdimaksuddenganlaparoleadalahpemakaianataurealisasilangueolehmasing-masinganggotamasyarakatbahasa;sifatnyakonkretkarenaparoleitutidaklaindaripadarealitasfisisyangberbedadariorangyangsatudengnorangyanglain.dalamhaliniyangmenjadiobjektelaahlinguistikadalahlangueyangtentusajadilakukanmelaluiparole,karenaparoleitulahwujudbahasayangkonkret,yangdapatdiamatidanditeliti.
SignifiandanSignifie.FerdinandeSaussuremengemukakanteoribahwasetiaptandaatautandalinguistikdibentukolehduabuahkomponenyangtidakterpisahkan,yaitukomponensignifiantdankomponensignifie.yangdimaksuddengansignifiantadalahcitrabunyiataukesanpsikologisbunyiyangtimbuldalampikirankita.untuklebihjelasadayangmenyamakansigneitusamadenganmaknadansignifiantsamadenganbunyibahasadalambentukurutanfonem-fonemtertentu.hubunganantarasignifiandansignifiesanganterat,karenakeduanyamerupakankesatuanyangtidakdapatdipisahkan.sebagaitandalingustik,signifiandansignifieitubiasamengacupadasebuahacuanataureferenyangberadadialamnyata,sebagaisesuatuyangditandaiolehsignelinguistiqueitu.sebagaicontohkitaambilkatabahasajawa”wit”yangberati”pohon”danmengacupadasebuahacuan,yaitusebuahpohon.
Hubungansintagmatikdanparadigmatik.Ferdinanddesaussuremembedakanadanyaduamcmhubungan,yaituhubungansintagmatikdanparadigmatik.yangdimaksuddenganhubungansintagmatikadalahhubunganantaraunsur-unsuryangterdapatdalamsuatututuran,yangtersusunsecaraberurutan,bersifatlinear.hubungansintagmatikiniterdapat,baikdalamtataranfonologi,morfologi,maupunsintaksis.hubungansintagmatikpadaurutanfonem-fonempadasebuahkatayangtidakdapatdiubahtanpamerusakmaknakataitu.umpamanyapadakatakitaterdapathubunganfonem-fonemdenganurutan/k,I,t,a/.apabilaurutannyadiubah,makamaknanyaakanberubah,atautidakbermaknasamasekali.perhatikanpadabaganberikut:*K-i-t-a,k-i-a-t,k-a-t-i,k-a-i-t,i-k-a-t.hubungansintagmatikpdatataranmorfologitampatpadaurutanmorfem-morfempadasuatukata,yangjugatidakdapatdiubahtanpamerusakmaknadarikatatersebut.adakemungkinanmaknanyaberubah,tapiadakemungkinanpulatakbermaknasmasekali.umpamanyakatasegitigatidaksamadengantigasegi,katabarangkalitidaksamadengankalibarang,dankatatertuatidaksamadengantuater.hubungnsintagmatikpadatataransintaksistampakpadaurutankata-katayangmungkindapatdiubah,tetapimungkinjugatidakdapatdiubahtanpamengubahmaknakalimttersebut,ataumenyebabkantakbermaknasamasekali.perhatikancontohberikut,urutankatanyabisadirubahtanpamengubahmaknakalimat.*Hariinibarangkalidiasakit,barangkalidiasakithariini,diasakithariinibarangkali,diasakitbarangkalihariini.adapuncontohyangurutankatanyadiubahmenyebabkanmaknakalimatnyaberubah.*NitamelihatDika,DikamelihatNita.Inibirbaru,Inibarubir.
Yangdimaksuddenganhubunganparadigmatikadalahhubunganantaraunsur-unsuryangterdapatdalamsuatututurandenganunsur-unsursejenisyangtidakdapatdalamtuturanyangbersangkutan.hubunganparadigmatikdapatdilihatdengancarasubstitusi,baikpadatataranfonologi,morfologimaupuntataransintaksis,hubunganparadigmatikpadatataranfonologitampakpadacontoh*antarabunyi/r/,/k/,/b/,/m/,dan/d/yangterdapatpadakata-katarata,kata,bata,mata,dandata.hubunganparadigmatikpadatataranmorfologitampakpadacontoh*antaraprefiksme-di-,pe,danteyangterdapatpadakata-katamerawat,dirawat,perawat,danterawat.sedangkanhubunganparadigmatikpadatataransintaksisdapatdilihatpadacontoh*rata
Kata
Bata
Mata
Data
*Merawat
Dirawat
Perawat
Terawat
*alimembacakoran
Diamemakaibaju
Animakankue
Catatan:
• Fonologiadalahbidanglinguistikyangmempelajari,menganalisisdanmembicarakanruntunanbunyi-bunyibahasa.
• Morfologiialahmenyelidikistrukturkata,bagian-bagiannya,sertacarapembentukannya.
• Sintaksisialahmenyelidikisatuan-satuankatadansatuan-satuanlaindiataskata,hubungansatudenganyanglinnya,sertcarapenyusunannyasehinggamenjadisuatuujaran.
Daftarpustaka:
Chaer,Drs.Abdul.LinguistikUmum.Jakarta:PTRINEKACIPTA.1994.
AhmadHidayat,Asep.FilsafatBahasaMengungkapHakikatBahasa,MaknadanTanda.Bandung:PTREMAJAROSDAKARYA.2006.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar