WELCOME TO MY BLOG

Senin, Juni 14, 2010

LINGUISTIK STRUKTURALIS




Kata"struktur"sendiri bisa diartikan sebagai kaitan-kaitan yang tetap dan teratur antara kelompok kelompok gejala.sedangkan kata"strukturalisme"sering diartikan sebagai salah satu gerakan pemikiran atau metodologi sains yang memberikan implikasi ideologi. yang dimaksud ideologi disini ialah suatu pandangan dunia yang menilai segala sesuatu atas dasar beberapa prinsip yang diterima begitusaja. pengertian lain menyatakan bahwa strukturalisme adalah suatu cara berfikir yang memandang seluruh realitas(al-maujud) sebagai keseluruhan yang terdiri dari struktur struktur yang saling berkaitan.dikatakan saling berkaita nartinya,struktur itu adalah suatu tatanan wujud


wujudyangmeliputikeutuhan,tranformasi,danpengaturandiri.keutuhanartinyabahwatatananwujuditubukannyahimpunansematamelainkankarenatiapkomponenyangtergabungdidalamnyatundukpadaaturanintrinsikdantidakmemilikiotoritasbebasdiluarstruktur.dikatakantransformasiartinya,bahwastrukturitutidakstatistetapidinamisdanbahan-bahanbaruterus-menerusdiprosesolehdanmelaluistrukturitu.sedangkandikatakanpengaturandiri,sebabstrukturitutidakpernahmemintabantuandariluaruntukmelaksanakanprosedurtransformasionltersebut.maksudnya,strukturtidakterbuka,iabersifattertutupdarisesuatuyangdatangdariluar,iamengaturdirinyasendiri.

Padaawalnyastrukturalismehanyadikenalsebagaimetodelinguistik,yaitupadalinguistiksausurian.dalamperkembanganselanjutnya,strukturalismemerambahkeberbagaidisiplinilmupengetahuan.olehpenganutformalismeRusia,strukturalismediterapkandalambidangilmusastra.olehNoamChomskystrukturalismediterapkandalamlinguistik,ClaudeLeviStraussdalamilmuantropologibudayadanM.Faucaultdalamsejarahkebudayaan.

Padawalnyametodestrukturalismeterkenaldalambidangilmubahasa.FerdinandMorgindeSaussure(1857-1913)adalahpeletakdasarmetodetrukturalisdalambidanglinguistik.iadianggapsebagaibapaklinguistikModernberdasarkanpandangan-pandanganyangdimuatdalambukunyaCoursedeLinguistiqueGeneral.ialahirdiJenewapada26November1857darikeluargapemeluktaatProtestanPrancisyangberimigrasidariwilayahLorraineketikaterjadiperangagamapadaakhirabadke-16.bakatnyadalambahasayangberjudul”EssaisurlesLanguages”.padatahun1874iamempelajaribahasasansekerta.mula-mulaiabelajarilmukimiadanilmufisikadiUniversitasJenewa,kemudianbelajarilmubahasadiLeipzigdengandisertasinyaDeL”employdugenitifabsoluensanscrit.setelahmeraihgelardoktor,FerdinandMorgindeSaussure(dalamusia24tahun)mengajardiEcolePratiquedesHautesEtudesUniversitasParis.kemudianpadatahun1891iakembalikeJenewadandisanaiameneruskanmengajarbahasaSansekertadanhistoriskomparatif.diJenewaitulahiaakhirnyamenjadigurubesardalambidanglinguistik.

Konsepyangdibuatnyaadalahmengenai:1.telaahsinkronikdandiakronik2.perbedaanlanguedanparole3.perbedaansignifintdansignifie4.hubungansintagmatikdanparadigmatik.FerdinanddeSaussuremembedakantelaahbahasasecarasinkronikdantelaahbahasasecaradiakronik.yangdimaksudtelaahbahasasecarasinkronikadalahmempelajarisuatubahasapadasuatukurunwaktutertentusaja.misalnya,mempelajaribahasaIndonesiayangdigunakanpadazamanJepangataupadamasatahunlimapuluhan.sedangkantelaahbahasasecaradiakronikadalahtelaahbahasasepanjangmasa,atausepanjangzamanbahasaitudigunakanolehparapenuturnya.Jadi,kalauuntukmempelajaribahasaindonesiasecaradiakronik,makaharusmulaisejakzamanSriwijayasampaiZmansekarangini.dengandemikianbisadikatakantelaahbahasasecaradiakronikadalahjauhlebihsukardaripadatelaahbahasasecarasinkronik.

LanguedanLaParole.FerdinandeSaussuremembedakanadanyaapayangdisebutlalanguedanlaparole.yangdimksuddenganlalangueadalahkeseluruhansistemtandayangberfungsisebagaialatkomunikasiverbalantarapraanggotasuatumasyarakatbahasa,sifatnyaabstrak.sedangkanyangdimaksuddenganlaparoleadalahpemakaianataurealisasilangueolehmasing-masinganggotamasyarakatbahasa;sifatnyakonkretkarenaparoleitutidaklaindaripadarealitasfisisyangberbedadariorangyangsatudengnorangyanglain.dalamhaliniyangmenjadiobjektelaahlinguistikadalahlangueyangtentusajadilakukanmelaluiparole,karenaparoleitulahwujudbahasayangkonkret,yangdapatdiamatidanditeliti.

SignifiandanSignifie.FerdinandeSaussuremengemukakanteoribahwasetiaptandaatautandalinguistikdibentukolehduabuahkomponenyangtidakterpisahkan,yaitukomponensignifiantdankomponensignifie.yangdimaksuddengansignifiantadalahcitrabunyiataukesanpsikologisbunyiyangtimbuldalampikirankita.untuklebihjelasadayangmenyamakansigneitusamadenganmaknadansignifiantsamadenganbunyibahasadalambentukurutanfonem-fonemtertentu.hubunganantarasignifiandansignifiesanganterat,karenakeduanyamerupakankesatuanyangtidakdapatdipisahkan.sebagaitandalingustik,signifiandansignifieitubiasamengacupadasebuahacuanataureferenyangberadadialamnyata,sebagaisesuatuyangditandaiolehsignelinguistiqueitu.sebagaicontohkitaambilkatabahasajawa”wit”yangberati”pohon”danmengacupadasebuahacuan,yaitusebuahpohon.

Hubungansintagmatikdanparadigmatik.Ferdinanddesaussuremembedakanadanyaduamcmhubungan,yaituhubungansintagmatikdanparadigmatik.yangdimaksuddenganhubungansintagmatikadalahhubunganantaraunsur-unsuryangterdapatdalamsuatututuran,yangtersusunsecaraberurutan,bersifatlinear.hubungansintagmatikiniterdapat,baikdalamtataranfonologi,morfologi,maupunsintaksis.hubungansintagmatikpadaurutanfonem-fonempadasebuahkatayangtidakdapatdiubahtanpamerusakmaknakataitu.umpamanyapadakatakitaterdapathubunganfonem-fonemdenganurutan/k,I,t,a/.apabilaurutannyadiubah,makamaknanyaakanberubah,atautidakbermaknasamasekali.perhatikanpadabaganberikut:*K-i-t-a,k-i-a-t,k-a-t-i,k-a-i-t,i-k-a-t.hubungansintagmatikpdatataranmorfologitampatpadaurutanmorfem-morfempadasuatukata,yangjugatidakdapatdiubahtanpamerusakmaknadarikatatersebut.adakemungkinanmaknanyaberubah,tapiadakemungkinanpulatakbermaknasmasekali.umpamanyakatasegitigatidaksamadengantigasegi,katabarangkalitidaksamadengankalibarang,dankatatertuatidaksamadengantuater.hubungnsintagmatikpadatataransintaksistampakpadaurutankata-katayangmungkindapatdiubah,tetapimungkinjugatidakdapatdiubahtanpamengubahmaknakalimttersebut,ataumenyebabkantakbermaknasamasekali.perhatikancontohberikut,urutankatanyabisadirubahtanpamengubahmaknakalimat.*Hariinibarangkalidiasakit,barangkalidiasakithariini,diasakithariinibarangkali,diasakitbarangkalihariini.adapuncontohyangurutankatanyadiubahmenyebabkanmaknakalimatnyaberubah.*NitamelihatDika,DikamelihatNita.Inibirbaru,Inibarubir.

Yangdimaksuddenganhubunganparadigmatikadalahhubunganantaraunsur-unsuryangterdapatdalamsuatututurandenganunsur-unsursejenisyangtidakdapatdalamtuturanyangbersangkutan.hubunganparadigmatikdapatdilihatdengancarasubstitusi,baikpadatataranfonologi,morfologimaupuntataransintaksis,hubunganparadigmatikpadatataranfonologitampakpadacontoh*antarabunyi/r/,/k/,/b/,/m/,dan/d/yangterdapatpadakata-katarata,kata,bata,mata,dandata.hubunganparadigmatikpadatataranmorfologitampakpadacontoh*antaraprefiksme-di-,pe,danteyangterdapatpadakata-katamerawat,dirawat,perawat,danterawat.sedangkanhubunganparadigmatikpadatataransintaksisdapatdilihatpadacontoh*rata

Kata

Bata

Mata

Data

*Merawat

Dirawat

Perawat

Terawat

*alimembacakoran

Diamemakaibaju

Animakankue

Catatan:

• Fonologiadalahbidanglinguistikyangmempelajari,menganalisisdanmembicarakanruntunanbunyi-bunyibahasa.

• Morfologiialahmenyelidikistrukturkata,bagian-bagiannya,sertacarapembentukannya.

• Sintaksisialahmenyelidikisatuan-satuankatadansatuan-satuanlaindiataskata,hubungansatudenganyanglinnya,sertcarapenyusunannyasehinggamenjadisuatuujaran.

Daftarpustaka:

Chaer,Drs.Abdul.LinguistikUmum.Jakarta:PTRINEKACIPTA.1994.

AhmadHidayat,Asep.FilsafatBahasaMengungkapHakikatBahasa,MaknadanTanda.Bandung:PTREMAJAROSDAKARYA.2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar